Sejak hari jumat 20/3 tim Lombok Disability Center yang beranggotakan 8 orang berangkat ke dompu dan bima untuk melakukan pelayanan kepada beberapa anak anak yang berkebutuhan khusus. Mereka kali ini harus melakukan perjalanan dari desa ke desa untuk melakukan assessment kepada mereka yang sudah mendaftar sepagai penerima alat bantu berupa kursi roda khusus yang di datangkan dari Australia.

kegiatan asessment salah satu kliens kursi roda

Kondisi geografis kabupaten dompu dan bima menjadi tantangan tersendiri buat Tim YE-LDC saat melakukan assessment. Terkadang mereka harus menelusuri hutan dan naik turun gunung untuk mencapai lokasi para anak anak yang berkebutuhan khusus ini. Untuk satu pasien kadang harus di tempuh dengan perjalanan 1 jam lebih. Namun demi memenuhi kebutuhan anak anak berkebutuhan khusus supaya bisa mendapatkan pelayanan kursi roda ini, mereka tetap semangat.

 

Dalam perjalanan tak jarang mereka menemukan hal hal aneh yang menambah wawasan mereka dalam member pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan. Banyak cerita sedih yang membuat mental mereka semakin kuat dan yakin jika kegiatan mereka selama ini tak sia sia. Seperti salah satu anak dari kabupaten bima yang sejak kecil di sekap sama ibu tirinya sampai sampai tetangganya tidak tau apakah anak itu hidup atau tidak. Namun setelah tim YE-LDC datang dan melayani mereka, anak ini seperti terbebas. Hal ini membuat para Tim merasa mendapatkan sesuatu yang lebih dan bukan hanya sebagai tenaga pelayanan kursi roda.

kegiatan perakitan di aula Polres Dompu 22/03/20

Sementara itu Kapolres Dompu AKBP Syarif  Hidayat SH. S.I.K beserta jajarannya sangat mengapresiasi kegiatan ini walau beliau belum sempat bertemu dengan semua TIM YE-LDC karena lagi berada di luar daerah.

 

Hari ini adalah hari terkahir YE-LDC melakukan perjalanan dan harus segera kembali ke Lombok karena saat ini suasana di Lombok sudah tidak menentu setelah ada salah satu warga yang terkena dengan wabah virus COVID-19 atau yang biasa di sebut virus Corona.

 

Wabah ini memang sejak 2 minggu belakangan ini menjadi perhatian khusus oleh Endris Foundation khususnya Lombok Disability Center dengan cara sudah menyiapkan program masker masal yang semuanya di kerjakan oleh para difabel di bawah binaan LombokDisability center. (ws)