Suriawan, laki laki paruh baya kelahiran 1980 di Tanjung Labuhan haji Lombok timur ( Lotim ) ini selain di kepolisian juga mengabdikan dirinya dalam kegiatan social untuk membantu masyarakat miskin,difabel (cacat) dan sakit. Diapun lalu bergabung di Yayasan Endri’s Foundation sebagai wadah membantu sesama.

 

Penghobi olah raga sepak bola ini terkenal di kalangan masyarakat Lombok barat di mana tempad dia bertugas sebagai sosok yang ramah dalam melayani masyarakat. Terlebih dengan para pemuda terutama anak anak kepanduan Lombok barat. Dia tak segan untuk turun langsung terjun membantu bergotong royong pekerjaan yang di kerjakan oleh masyarakat binaanya.

 

Ayah dua anak yaitu M. Rizkie Ramdhan (9 thn) dan M.dzikri Hidayatullah (7 thn) ini setelah lulus di SMA 2 Gelang tahun  2000 langsung mendaftar di Kepolisian dan lulus tanggal 23 Desember 2000. Penempatan pertama dalam bertugas, suriawan langsung di tugaskan di Polda dari tahun 2001 sampai januari tahun 2004 sebelum di tugaskan ke Polres Lombok Barat. Di Polres Lombok Barat Suryawan  bertugas hanya beberapa bulan karena bulan September 2004 dia di pindahkan ke Lantas sampai agustus tahun 2016. Saat ini suryawan  perpangkat BRIPKA bertugas di Polsek Lembar sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Jembatan Kembar Lembar Lombok Barat.

 

Di sela sela tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas dan aktifitas dia sebagai olahragawan sepak bola yang sering di undang main oleh klub klub yang ada di Lombok timur, Bripka Suriawan bersama seorang rekan kerjanya yaitu Bripka Zunaidin Bhabinkamtibmas Desa Meraje selalu menyambangi warga warga miskin dan sakit untuk di berikan sekedar santuna berupa sembako maupun alat bantu. Begitu juga buat masyarakatnya yang Difabel ( cacat ).

 

Wilayah luang kingkup kerjanya dalam melakukan kegiatan sosial, Bripka Suriawan tak hanya melayani wilayah desa binaanya saja yaitu desa jembatan kembar. Tetapi seluruh wilayah Lombok barat bahkan sampai perbatasan Lombok Tengah. Terkadang jika ada hal hal yang sangat urjien dan mendesak seperti musibah banjir atau erupsi gunung berapi, maka Suryawan sebagai koordinator Endri’s Foundation Lombok Barat lah yang akan menggerakan para relawan dan masyarakat yang lain untuk bersama sama membantu para korban bencana itu melalui penggalangan dana maupun pengumpulan bantuan buat para pengungsi.

 

Jerih payahnya selama mengabdi di tengah tengah masyarakat berbuah manis karena Pada Tanggal 16 Desember 2017, Bripka Suriawan mendapatkan penghargaan sebagai tanda bukti loyalitas dan dedikasinya di bidang sosial yang menangani masyarakat yang sakit, Difabel ( cacat ) dan miskin serta sebagai pelopor kegiatan siskamling dari Kapolda Nusa Tenggara Barat Brigjen Polisi Drs.Firli M.SI.

 

Sekarang ini Biripka suriawan sangat berharap kepada semua elemen pemerintah terkait baik itu di tingkat Desa sampai tingkat kabupaten untuk mempermudah birokrasi kepengurusan adimistrasi buat masyarakat miskin yang terkena kanker atau penyakit yang lainya. “ semoga pemerintah memberikan skala prioritas kepada masyarakat miskin,sakit dan Difabel ( cacat ) untuk di berikan kemudahan dalam mengurus surat surat yang di perlukan supaya cepat di tangani baik itu di Rumah Sakit Maupun yang lainya “ tutup Suriawan. (WS)